DESKRIPSI
Penggunaan Bank Garansi dan Standby L/C dalam transaksi bisnis saat ini sudah demikian luas baik menyangkut transaksi luar negeri maupun transaksi dalam negeri. Namun sayangnya pemahaman masyarakat akan Bank Garansi maupun Standby L/C masih sangat minim khususnya resiko-resiko yang ada dalam Bank Garansi  dan Standby L/C sehingga sering terjadi hambatan dalam penerbitan Bank Garansi maupun Standby L/C serta banyaknya penyalah gunaan Bank Garansi dan Standby L/C (termasuk pemalsuan) yang beredar di masyarakat.  Dengan Bank Garansi/Standby L/C sesungguhnya dapat memberikan kepastian dari masing-masing pihak sepanjang ditunjang dengan pemahaman yang cukup akan Bank Garansi tersebut.

Oleh karena itu, memahami Bank Garansi atau penjaminan lainnya dari berbagai aspek menjadikan hal yang penting dan mutlak bagi semua pihak, tidak saja bagi mereka yang berhubungan dengan proyek-proyek yang bersumber pada APBN/APBD tetapi juga bagi mereka yang berbisnis dengan koleganya di Luar Negeri. Bank Garansi sangat luas penggunaannya, tidak hanya sebagai suatu instrumen penjaminan tetapi dalam kondisi-kondisi tertentu juga dapat menggantikan kedudukan Letter of Credit (L/C) maupun Surata Kredit Berjangka Dalam Negeri (SKBDN) sehingga dapat memberikan kepastian bagi semua pihak.

MATERI  TRAINING

  1. Transaksi Bank Garansi
  2. Dasar Hukum Bank Garansi Indonesia
  3. Dasar Hukum Surety Bond
  4. Dasar Hukum Standby L/C di Indonesia
  5. Resiko – Resiko dalam Transaksi Bank Garansi
  6. Jenis – jenis Bank Garansi Surety Bond & Standby L/C
  7. Amendement Bank Garansi Surety Bond & Standby L/C
  8. Klaim Bank Garansi
  9. Transaksi Bank Garansi / Stanby L/C dengan Counter Guarantee
  10. Dasar Hukum Counter Garansi
  11. Resiko & Manfaat Bank Garansi/ Stanby L/C dengan Counter Guarantee
  12. Mekanisme Advising Bank Garansi & Standby L/C
  13. Resiko dan manfaat Bank Garansi yang di Adviskan
  14. Uniform Rules For Demand Guarantee
  15. International Standby Practice (ISP 98)

PESERTA
Pelatihan ini ditujukan bagi para staf legal officer perbankan, atau para pemilik pekerjaan /proyek yang melibatkan pihak bank sebagai penjamin dalam pelaksanaan proyeknya.

Advertisements